Jumat, 17 Agustus 2012

10 Top Makanan Penurun Kolesterol Darah


Ternyata tidak hanya orang berbadan gemuk yang bisa terkena kolesterol. Bahkan, orang yang berbadan kurus pun bisa terkena penyakit yang identik dengan timbunan lemak ini. Aneh kan? Lalu, apa yang membuat kolesterol bisa jadi salah satu penyakit yang tidak diinginkan oleh siapapun?
Sebetulnya, kolesterol memiliki peran untuk menjaga fungsi tubuh, dimana perannya bisa membuat vitamin D, membantu penyerapan asam lemak esensial dan produksi hormon-hormon seks. Tetapi, peran ini akan berjalan dengan baik jika kolesterol berada dalam takaran yang normal. Jika kolesterol dalam tubuh terlalu berlebihan maka justru akan menimbulkan berbagai penyakit dalam tubuh manusia.
Penyakit ini diakibatkan dari penimbunan lemak di pembuluh darah yang kemudian memicu serangan jantung serta stroke. Salah satu penyebab tumpukan lemak terjadi adalah makanan yang dikonsumsi oleh manusia itu sendiri. Maka, tidak heran beberapa ahli menyarankan berbagai cara untuk terhindar dari penyakit kolesterol yaitu dengan melakukan pola hidup sehat, dengan mengkonsumsi makanan bergizi yang bebas kolesterol.Makanan apa saja yang bisa menurunkan kolesterol?
Berikut ini ada 10 top makanan penurun kolesterol darah:
  1. Ikan
    Ikan merupakan makanan yang kaya omega 3 dimana peran dari makanan ini adalah menurunkan tekanan darah, mengurangi penggumpalan darah, hingga menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Konsumsi ikan dianjurkan paling sedikit 2 ekor ikan ukuran sedang setiap minggu. Konon, penelitian di Norwegia menyatakan pengidap diabetes yang mengkonsumsi minyak ikan dengan dosis tinggi mengalami penurunan ukuran dan konsentrasi kolesterol dalam tubuh.
  2. Kacang-kacangan
    Jenis makanan ini memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang bisa membantu menurunkan kolesterol.
  3. Kayu manis
    Mengkonsumsi ½ sendok kayu manis sehari menurut penelitian yang dipublikasikan di Journal Diabetes Care bisa mengurangi trigliserida, kolesterol jahat LDL, serta kadar kolesterol total.
  4. Oat dan biji-bijian
    Kandungan dalam oat dan biji-bijian ini bisa menurunkan kadar kolesterol selain juga bisa mendapatkan protein lengkap yang memiliki rendah lemak jenuh.
  5. Buah
    Beberapa jenis buah yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol adalah apel, jeruk, anggur, dan aprikot.
  6. Sayuran
    Beberapa jenis sayuran yang bebas kolesterol adalah kol, bawang putih, ubi jalar.
  7. Kwaci tawar
    Ternyata camilan ini memiliki zat tembaga yang berlimpah sehingga bisa menurunkan kolesterol.
  8.  Tempe
    Kandungan senyawa dalam tempe bersifat anti kolesterol.
  9. Susu Kedelai
    Mengganti susu yang Anda konsumsi dengan susu kedelai efektif menurunkan kolesterol Anda.
  10. Teh
    Teh terkenal memiliki zat antioksidan dan juga berguna untuk membuat rileks pembuluh darah yang bermanfaat untuk menghindari tubuh Anda dari gangguan pembekuan darah. Mengkonsumsi teh dalam keadaan dingin ataupun panas tidak akan mengurangi manfaatnya,dan jika dikonsumsi rutin satu gelas per hari akan memenuhi kebutuhan anti oksidan dalam tubuh Anda.

0 komentar:

Poskan Komentar